RSUD Berkah-Pemkab Pandeglang Berlakukan Sistem SIMRS

Suitnews.com.Pandeglang-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah Pandeglang gandeng pihak Medifast 2000 untuk menerapkan Sistem Informasi Menejemen Rumah Sakit (SIMRS). Hal itu terungkap saat medifast 2000 Ekpos di hadapan Bupati Pandeglang, Jum’at (25/11).

Menurut Imade tim teknis dari medi Medifirst 2000 menyampaikan, Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen Rumah Sakit, mulai dari pelayanan diagnose, sampai tindakan untuk pasien. Untuk itu setiap pasien yang berkunjung harus ditangani secara berjenjang, dari mulai tingkat dasar sampai lanjutan.

“Dengan menggunakan system ini akan lebih mudah, karena pasien yang datang yang menggunakan jkn akan dengan mudah dan cepat ditangani, karena sudah ngelink dengan P-Care BPJS yang ada di puskesmas. Dan diagnosa pasien pun langsung terlihat,” katanya.

Imade juga mengatakan, system ini juga menampilkan real time pengunjung ke rumah sakit, ketersediaan ruangan yang kosong, dan call center 119. Menurutnya Call Centre ini akan di hubungkan dengan comad center yang ada di KOMINFO.

“di system ini akan terlihat kunjungan pasien dan diagnosa pasien, sehingga kita punya data base. Pasien yang masuk pun tidak perlu repot nya ruangan mana yang kosong, karena sebelum datang ke RS sudah tahu ketersediaan ruangan. Untuk call canter khusus menangani pasien ke gawat daruratan, sehingga cepat tertangani,”lanjutnya.

Sementara Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita mengatakan, lamanya proses pelayanan dan ketersediaan tenaga medis adalah merupakan kendala bagi RSUD.

“Mudah – mudahan dengan SIMRS yang terintegrasi ini jadi sebuah solusi untuk permasalahan yang kami hadapi. Dengan system ini pelayanan di RSUD diharapkan lebih baik dan cepat,”katanya.

Bupati juga mengatakan, harus ada sosialisasi kepada masyarakat terkait system yang akan diberlakukan secara online. Karena menurutnya, tidak seluruh masyarakat pandeglang memahami aplikasi tersebut.

“Kami harap sosialisasi juga dilakukan, agar masyarak lebih memahami cara yang cepat dan mudah ini,”lanjutnya.

Hadir dalam acara ini Dirut RSUD Berkah Pandeglang Dr. Asmani, Kepala Dinas Kesehatan Pandeglang Indah Dinarsiani, Kadis Kominfo Yahya Gunawan Kasbin, dan Satf Ahli Bupati Girgi jantoro. (jak)

Comments are closed.