PPKH Kecamatan Rajeg Adakan Gebyar Pesta Rakyat

Suitnews.com, Tangerang – Pendamping Pelaksana Program Keluarga Harapan (PPKH) Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang bersama elemen Organisasi Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor), Pemuda Pancasila (PP), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), dan Banser mengadakan kegiatan Gebyar Pesta Rakyat.
Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Kp. Larangan Desa Sukatani, Minggu (16/09/2018) itu tampak hadir Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial (Kabid Linjamsos) Dinas Sosial Kabupaten Tangerang, Camat Kecamatan Rajeg, Kapolsek Rajeg, beserta para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH Se-Kecamatan Rajeg. selain itu juga tampak hadir Koordinator PKH Kabupaten Tangerang beserta 17 orang Pendamping kecamatan Rajeg.
Kegiatan ini diisi dengan Lomba Fashion Show, Lomba Karaoke KPM, Lomba Tumpeng antar KPM PKH dan Bazar Makanan menjadi salah satu kegiatan ini.

Program Keluarga Harapan (PKH) dulu dikenal dengan program pemberian uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan dengan melaksanakan kewajibannya.

Program semacam ini secara internasional dikenal sebagai program conditional cash transfers (CCT) atau program Bantuan Tunai Bersyarat. Persyaratan tersebut dapat berupa kehadiran di fasilitas pendidikan (misalnya bagi anak usia sekolah), ataupun kehadiran di fasilitas kesehatan (misalnya bagi anak balita, atau bagi ibu hamil).

Seiring dengan berjalannya waktu dan berbagai kajian perubahan-perubahan kebijakan pun terjadi, pada tahun 2017 bantuan program keluarga harapan yang awalnya tunai berubah jadi Non Tunai, dimana pihak Kementerian Sosial bekerjasama dengan Bank Himbara yaitu BTN, BRI, MANDIRI dan BNI. dan dikeluarkan lah kartu PKH kombo yang berupa Kartu ATM.
Istilah penerima bantuanpun berubah mulai dari ( RTSM ) Rumah Tangga Sangat Miskin, (RTS) Rumah Tangga Sasaran, (KSM) Keluarga Sangat Miskin sampai dengan yang terakhir adalah (KPM) Keluarga Penerima Manfaat.

Menurut Syahroni, Korcam PKH Kecamatan Rajeg bahwa tujuan diadakannya Pesta Rakyat ini adalah untuk menggali potensi KPM PKH dikecamatan Rajeg melalui ekonomi kerakyatan.
“Tujuannya diadakannya kegiatan ini adalah Menggali potensi KPM di Kecamatan Rajeg melalui ekonomi kerakyatan” . Katanya.

Dalam kegiatan ini Para KPM ikut serta memeriahkan dengan mengirim perwakilan setiap desa untuk mengikuti lomba yang disediakan oleh Panitia Gebyar Pesta Rakyat.

Ditempat yang sama Korkab PKH Kabupaten Tangerang, Dede Damyati berharap bahwa kegiatan seperti ini bisa menjadi kegiatan rutin tahunan.
Karena menurutnya kegiatan seperti ini bukan hanya berdampak positif terhadap KPM PKH saja akan tetapi berdampak positif juga terhadap warga sekitarnya.

“Saya harap kegiatan ini menjadi kegiatan rutin tahunan, karena selain bisa mempererat tali silaturahmi antar pendamping, kegiatan ini juga bisa berdampak positif terhadap warga sekitar” pungkasnya
(Red)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *