Peksos Supervisor PKH Ikuti Bimtek Kehumasan

Suitnews.com, Bogor – Sebanyak 30 Pekerja Sosial (Peksos) Supervisor Program Keluarga Harapan (PKH) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Kehumasan yang diselenggarakan Sekretariat Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial di Bogor, Rabu (3/10/2018)

“Tujuan digelarnya bimbingan teknis ini untuk memberikan keterampilan jurnalistik kepada peksos supervisor PKH,” kata Kepala Bagian Organisasi Hukum dan Humas (Kabag OHH) Anna Puspasari.

“Kerja-kerja nyata pelaksana PKH perlu dipublikasikan sebaik mungkin agar diketahui oleh publik, sehingga publik memahami kinerja Kemensos,” ungkapnya.

Bimbingan teknis tersebut dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 02 sampai dengan 05 oktober 2018 diikuti oleh Pekerja Sosial Supervisor yang merupakan perwakilan dari berbagai daerah diantaranya Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Peserta pelatihan, lanjut Anna akan mempelajari tentang Peran Peksos Supervisor dalam era Government Public Relations, Strategi Komunikasi, Peliputan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2), Praktek Pembuatan Rilis, Strategi Menjalin Hubungan dengan Media, Smartphone Fotografi Jurnalistik, Media Sosial untuk Penyebarluasan Informasi PKH, dan Strategi Komunikasi Media.

“Pada kesempatan tersebut juga akan diperkenalkan Aplikasi Pusat Pengiriman Berita Program Perlindungan dan Jaminan Sosial (Satria Linjamsos).” ujarnya.

Peksos Supervisor harus menjadi garda terdepan dalam memberikan informasi kepada khalayak agar mengetahui program yang telah dilaksanakan oleh Kemensos.

Pada hari pertama, peserta mendapatkan materi dari Tenaga Humas Pemerintah Ria Desy Saputra terkait dengan strategi pembuatan rilis. Kemudian pada hari kedua peserta mengunjungi pelaksanaan kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH di Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor.

“Peserta diharapkan mampu menggali dan menangkap informasi dari Pendamping maupun KPM sebagai bahan pembuatan rilis,” terang Desy.

Peserta juga memdapatkan materi strategi menjalin hubungan dengan media yang disampaikan oleh Joko Haryanto yang merupakan Tenaga Ahli Bidang Media pada Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial.

Peserta mendapat kesempatan untuk mengunjungi Kantor Harian Umum Jurnal Bogor di Jalan DR. Sumeru Kota Bogor. “Dalam kegiatan kunjungan ini, agar peserta bisa melihat langsung aktivitas jurnalistik,” harap Joko.

Dalam kunjungan tersebut Peksos Supervisor diterima oleh Redaktur Pelaksana Harian Umum Jurnal Bogor Asep Saepudin Sayyev.

Peserta mendapatkan penjelasan tentang proses penyusunan berita sampai penerbitan koran

“Saya berharap peserta pelatihan dapat memahami proses pembuatan sampai pemuatan berita di Jurnal Bogor,” tutur Asep. (Red/SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *