Kemenkeu R.I Berikan Penghargaan Kepada Pandeglang

Suitnews.com, Pandeglang – Seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Banten pada Juli lalu telah meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Banten. Hal inilah yang menjadi alasan Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu-RI), memberikan penghargaan bagi seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Banten melalui Kanwil Ditjen Perbendaharaan Keuangan Provinsi Banten.

Hariyana Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Keuangan Provinsi Banten mengatakan, penyelenggaraan rapat koordinasi ini merupakan rangkaian kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Kanwil Ditjen perbendaharaan Provinsi Banten, yang bekerjasama dengan BPK perwakilan Provinsi Banten, “Acara ini bertujuan sebagai pelaksanaan koordinasi dan komunikasi untuk meningkatkan pengetahuan, meningkatkan kemampuan Pemerintahan Daerah, sehingga dapat menyusun laporan keuangan dengan akuntabilitas dan transparansi,” katanya pada acara Rakor di Ledian Hotel Serang, Selasa (16/10).

Dirinya bersyukur seluruh entitas pelaporan Pemerintah Provinsi Kabupaten atau kota dalam lingkup Pemerintah Provinsi Banten, telah menyampaikan laporan keuangan audit tahun 2017 secara tepat waktu dan berhasil mendapatkan opini WTP dari BPK, “Secara umum laporan keuangan pemerintah daerah audit tahun 2017 yang disampaikan kepada kementerian keuangan telah disusun dengan baik dan sesuai standar, namun masih terdapat beberapa evaluasi yang dapat diperbaiki di antaranya belum tertibnya pencatatan barang persediaan dan aset, serta pelaporan persediaan, “tandasnya.

Sementara Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban yang hadir pada acara tersebut mengatakan, dirinya sangat bangga Pandeglang mendapatkan penghargaan seperti Kabupaten lainnya yang ada di Banten. Namun, kata Tanto, yang terpenting adalah dapat mempertahankan opini WTP, “Karena saat ini banyak regulasi baru seperti dana BOS yang harus memakai aplikasi sistem. Oleh sebab itu SDM sebagai operator yang harus dibenahi, insya Allah kedepan kita akan pakai aplikasi sistem sesuai standar yang ditetapkan,” kata Tanto (Red)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *