HMI Pandeglang : Masyarakat Harus Bisa Memahami Tawa Sopan

Suitnews.com, Pandeglang – Badan Pengelola Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Lingkungan (Tawa Sopan) merupakan lembaga bentukan eksekutif dan legislatif berdasarkan amanat Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2017 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan. Dimana, peran keberadaan Badan Tawa Sopan itu adalah untuk mengelola dan menyalurkan dana CSR dari perusahaan-perusahaan yang ada di Pandeglang.

Selain daripada itu, keberadaan Badan Tawa Sopan dapat mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait besaran dan peruntukan dana CSR. Walaupun beberapa hari terakhir ini, ada kelompok-kelompok yang mendesak untuk membubarkan Badan Tawa Sopan dengan tudingan dana CSR yang dikelola belum tepat sasaran.

Menyikapi hal tersebut Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Pandeglang justru menilai keberadaan Tawa Sopan sangat penting dan dibutuhkan untuk mengakomodir, mengelola, dan menyalurkan CSR.

“Kita tahu penyaluran dana CSR yang dilakukan langsung oleh perusahaan-perusahaan seperti PLTU 2 Labuan, PT Cibaliung Sumber Daya, dan PT Antam tidak maksimal dan tertutup. Dengan hadirnya Badan Tawa Sopan ini, masyarakat bisa lebih mudah mengakses informasi dan mudah mengawasi penyalurannya (CSR)”, terang Ketua Umum HMI Cabang Pandeglang Ahmad Jaenudin.

Dirinya menilai bahwa desakan untuk membubarkan badan ini sesuatu yang sangat dangkal dan tidak berfikir jangka panjang. “Kalaupun benar adanya dugaan-dugaan penyalahgunaan dalam penyaluran dana CSR, maka yang bermasalah bukanlah lembaganya melainkan orang yang menjalankannya”, imbuhnya.

Pihaknya menegaskan, dengan adanya Tawa Sopan sebagai pengakomodir sekaligus penyalur dana CSR dari perusahaan-perusahaan, maka manfaatnya bisa ikut membantu pemerintah dalam pembangunan dan pemberdayaan terhadap masyarakat.

“Kami mengajak semua elemen masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan isu yang berkembang akhir-akhir ini”, pungkas pemuda yang kerap disapa Uje. (snc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *