Desa Cigondang Sambut Baik Program KOTAKU

Suitnews.com, Pandeglang – Sebagai wujud implementasi pembangunan program KOTAKU, serta penataan dan pengembangan kawasan permukiman di Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang, Dinas PERKIM bekerjasama dengan ASIAN DEVELOPMENT BANK (ADB) memberikan kesempatan pada tahun 2018 terhadap 3 (tiga) Desa di Kecamatan Labuan diantaranya Desa Kalanganyar, Desa Caringin serta Desa Cigondang.

Menurut Solihin, Ketua Koordinator BKM Kabupaten Pandeglang memaparkan bahwa dalam pelaksanaan pembangunannya, program KOTAKU disesuaikan dengan kebutuhan serta pengajuan dari masing-masing Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang berdasarkan hasil musyawarah Kelompok Sosial Masyarakat (KSM).

“Pelaksanaan Pembangunan Program KOTAKU disesuaikan dengan kebutuhan serta pengajuan pembangunan dari masing-masing BKM berdasarkan hasil musyawarah KSM di Desa” jelasnya.

Sementara dalam hal pekerjaan yang akan dilaksanakan di Desa Cigondang, Menurut Rafei, Ketua BKM Desa Cigondang mengungkapkan bahwa pelaksanaan pembangunan program KOTAKU didesanya, ada beberapa pekerjaan yang akan dilaksanakan. diantaranya pembangunan drainase, paving blok, tempat pembuangan sampah (TPS) serta pengadaan gerobak sampah dan sarana air bersih (SAB).

Lebih lanjut, ia memaparkan “Seluruh kegiatan pembangunan program KOTAKU dikelola oleh BKM bekerjasama dengan para KSM dan dibantu oleh Swadaya Masyarakat serta diawasi oleh para Stakeholder yang ada” katanya

Masih menurut Rafei, bahwa ketransparanan pembangunan serta HOK para pekerja akan di informasikan ke publik, dia mengakui bahwa dirinya sudah memesan Banner atau Papan Informasi dari awal.
“Untuk ketransfaranan anggaran, sebelum pelaksanaan pembangunan dikerjakan, papan informasi atau Banner akan kami pasang, sedangkan upah para pekerja yang dilaksanakan oleh warga sekitar seluruhnya telah diatur oleh masing-masing KSM,” pungkasnya.

Cepi Ahmad Suteja selaku Kepala Desa Cigondang menyambut baik program KOTAKU, dia jiga berharap agar seluruh masyarakat menjaga serta memanfaatkan program yangam ada.

“Kami menyambut baik program KOTAKU di desa ini serta berharap agar seluruh masyarakat menjaga serta memanfaatkan program ini sehingga penataan dan pengembangan kawasan permukiman berjalan dengan kondusif ” harapnya, diujung pembicaraan.

(Yona)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *