Bupati Kunjungi Lokasi Yang Akan Jadi Venue Festival Tanjung Lesung

Suitnews.com, Pandeglang – Pandeglang merupakan daerah yang kaya akan destinasi wisata. Keindahannyapun tidak kalah dengan tempat wisata di daerah lain, namun hanya butuh polesan sedikit agar terlihat lebih indah sehingga menarik minat wisatawan.

Gelaran Festival Tanjunglesung merupakan salah satu event dalam rangka menarik minat para wisatawan untun berkunjung ke tempat wisata di Kabupaten Pandeglang.

Selain wilayah Tanjung Lesung, tentu masih banyak daerah penyanggah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung yang memiliki destinasi wisata menarik. Oleh sebab itu, dalam pelaksanaan festival kali ini ada tiga venue yang akan dikunjungi.

Dalam persiapan festival Tanjung Lesung, Bupati Pandeglang Irna Narulita didampingi Kadis Pariwisata Prov Banten Eneng Nurcahyati dan Kabupaten Pandeglang dr. Asmani mengunjungi Curug Sawer yang merupakan satu dari tiga venue yang ditetapkan.

Bupati Irna berharap, para Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) daerah setempat bersama Kecamatan dan Desa terus melakukan pengelolaan dengan baik, “Ini potensi yang bagus, saya harap nanti tempat wisata ini ada kerjasama dengan pihak BUMdes sehingga ini menjadi pendongkrak untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat,” kata Irna saat kunjungi Curug Sawer di Kampung Cigelis, Desa Cigelis, Kecamatan Cigelis, Minggu (16/9).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, Pandeglang merupakan daerah yang memiliki destinasi sangat banyak. Bukan saja bahari, melainkan destinasi wisata Curug yang saat ini akan menjadi venue pada festival Tanjung Lesung, ” Kami berharap Camat, Kades dan pokdarwis dapat serius dalam mengelola potensi yang ada,” ujarnya.

Terkait Curug Sawer, Eneng mengungkapkan, pihak Dispar Prov Banten sudah memberikan pembinaan, “Kedepan harus masyarakat sendiri yang mengelola. Akan banyak pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dapat digali dan ditingkatkan dengan dibuatnya destinasi baru,” ungkapnya.

Dua venue lainnya, menurut Eneng, yang akan dijadikan tempat pada acara festival Tanjung Lesung adalah Cikadu dan Cipanon. Kata dia, tahun sebelumnya pelaksanaan festival itu hanya dipusatkan pada satu titik yaitu di Tanjung Lesung, “Saat ini berbeda, karena ada tiga tempat yang dipakai yaitu Kampung Cikadu, Cipanon dan Curug sawer. Dan Bupati Pandeglang sangat respon sekali agar dapat mengembangkan destinasi wisata lainnya yang ada di daerah penyangga,” jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Irna juga mengunjungi pantai yang berlokasi di Kampung Cikujang Desa Banyu Asih, Kecamatan Cigelis, yang akan dibuat destinasi wisata baru karena keindahan pantai yang tidak kalah cantiknya dengan tanjung lesung, ditambah daerah ini juga masuk kedalam wilayah penyanggah KEK Pariwisata Tanjung Lesung. (Red)