Bupati Irna Himbau Warga Jaga Kelestarian Laut

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita mengajak masyarakat di Desa Cigorondong khususnya, untuk terus menjaga kelestarian laut. Karena menurut Bupati, Keberhasilan budidaya rumput laut selain ditentukan oleh lokasi pembudidayaannya dan iklim,dipengaruhi juga oleh faktor-faktor ekologi yang meliputi kondisi substrat perairan, kualitas air, dan geografis dasar perairan.

“Dengan menjaga kelestarian laut insya Allah hasil panen akan terus meningkat, dan kwalitas rumput lautpun akan lebih bagus,” Kata Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita saat melakukan panen rumput laut, di Desa Cigorondong, Kecamatan Sumur, Sabtu (3/12).

Bupati juga mengatakan, kegiatan pembudidayaan rumput laut sangat sejalan dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang, yaitu terwujudnya pandeglang Berkah melalui Transformasi Harmoni Maritim Bisnis, dan Wisata Bisnis menuju rumah sehat dan keluarga sejahtera 2020.

“Budidaya rumput laut ini sangat bagus sekali, dan merupakan pengembangan maritim bisnis, untuk itu ini harus terus dikembangkan. Kedepan harus ada pendampingan, dan menggunakan teknologi yang canggih,”lanjutnya.

Bupati juga berharap terus dikembangkan, selain banyak olahan dari bahan tersebut juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Tadi banyak sekali olahan yang dibuat dari bahan rumput laut, seperti Bakso, Stik, Kerupuk, sampai Kosmetik. Jadi itu jelas menunjukan rumput laut ini, akan memiliki nilai ekonomis,”jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang Tata Nanjaryadi mengatakan, pembudidaya rumput laut ini merupakan kawasan bina politan. Dimana bantuan yang diberikan dari mulai bibit, penanaman, budidaya, sapras, dan 9 buah perahu.

“Dari 9 kelompok pembudidaya, di dapat 40 ton rumput laut basah, dengan usia rumput laut 45 hari,”katanya.

Tata juga menjelaskan, harga dari rumput laut basah apabila dijual kisaran 1 ribu rupiah per kilogram. Dan apabila dijual kering kisaran 9 ribu rupiah, dengan perbandingan satu berbanding sepuluh,”lanjutnya.

Hadir dalam acara ini, Asda Ekbang Iskandar, Kadis Ciptakarya Anwari Husnira, Kadis Bina Marga Sarif Hidayat, Kasat Pol-PP Agus Priyadi Mustika, Kepala BKD Ali Fahmi Sumanta, Kabag Pemerintahan Doni Hermawan, dan Kabid Kominfo Tb Nandar Suptandar

Comments are closed.