Ayooo Berorganisasi, Tunggu Apalagi

Sulaeman Apandi (Ketua LKP2M Banten) Doc. Suitnews.com

MANFAAT AKTIF BERORGANISASI

Ada banyak alasan yang terungkap ketika orang ditanya kenapa tidak mau aktif di organisasi. Malas, buang waktu, menghabiskan energi dan sebagainya. Bahkan ada juga yang bilang aktif organisasi berarti menghamburkan uang. Minimal uang untuk ongkos transportasi dan komunikasi alias beli pulsa.
Padahal aktif berorganisasi di sekolah, kampus ataupun di lingkungan sekitar tempat tinggal punya manfaat yang banyak, diantaranya yaitu;

1. Banyak teman.
Di organisasi pasti kita akan bertemu dengan banyak orang. Kita akan berkenalan dan mendapat banyak teman. Interaksi yang terus menerus akan membuat jalinan pertemanan menjadi akrab. Terkadang bisa lebih dari sekedar teman, mungkin bisa jadi sahabat. Bahkan bisa seperti saudara sendiri. Punya banyak teman pasti akan mendapat banyak manfaat.

2. Banyak ilmu.
Organisasi yang baik pasti akan membagi ilmu bagi para anggotanya. Aktif berorganisasi akan menambah ilmu yang dimiliki. Seringkali ilmu yang diajarkan di organisasi tidak bisa kita dapatkan di kelas atau buku pelajaran. Selain ilmu yang berupa pengetahuan, kita juga bisa mendapatkan ilmu terapan atau praktis. Misalnya, kalau kita aktif di komunitas blogger pasti kemampuan kita dalam blogging akan bertambah.

3. Banyak keterampilan.
Aktifis organisasi pasti akan memiliki keterampilan lebih dibandingkan dengan teman-teman mereka yang tidak aktif. Biasanya aktifis punya keterampilan berbicara di depan umum. Mereka lebih percaya diri dan lebih lancar berbicara. Selain itu mereka juga bisa dan biasa menulis surat dan proposal.

4. Banyak pengalaman.
Tentu saja pengalaman aktifis organisasi pasti banyak. Mereka sering mengadakan acara baik di dalam maupun di luar sekolah atau kampus. Selain itu, mereka juga sering menghadapi situasi yang menantang. Suka dan duka dalam berorganisasi telah mereka jalani. Ini adalah pengalaman berharga yang tak ternilai harganya.

5. Menambah dewasa.
Kedewasaan seseorang akan tumbuh dan berkembang ketika dihadapi oleh banyak tantangan. Aktifis organisasi sering menghadapi tantangan. Bisa berupa perbedaan pendapat antar anggota sampai kesulitan dana. Situasi-situasi tersebut akan membentuk karakter seseorang untuk menjadi lebih dewasa. Sikap manja dan kekanak-kanakan akan tergerus dan hilang ditempa oleh pengalaman.

Aktif di organisasi memang membutuhkan pengorbanan waktu, tenaga, pikiran dan uang. Itu sudah pasti. Namun, manfaat yang didapatkan jauh lebih besar dari pengorbanan yang diberikan. Manfaat itu bisa dirasakan sekarang dan di masa yang akan datang. Aktifis organisasi akan lebih mudah bergaul, mudah berteman, berani bertanggung jawab dan bisa diandalkan.

 

Oleh

Sulaeman Apandi
Ketua Umum LKP2M Banten
Ketua DPD Angkatan Muda Indonesia Raya Provinsi Banten

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *